Komunitas Mandarin
(中文社区)

Temukan jawaban yang kamu cari, diskusi, dan perluas pertemananmu disini

Home Forum Travelling 旅游 Mengenal Tempat Wisata Terracotta Reply To: Mengenal Tempat Wisata Terracotta

  • Unknown Member

    Member
    Juli 4, 2020 pada 5:11 pm

    (part 2 lanjutan dari postingan diatas)

    Ada fakta yang menarik pula, konon menurut pakar geografi 郦道元 Lì dào yuán (472-527 SM), bahwa disana merupakan lokasi yang disukai oleh Kaisar karena geologinya yang memberikan keuntungan, terkenal dengan tambang gioknya, di sisi utaranya kaya dengan emas, dan di sisi selatannya kaya dengan giok yang indah. Konon saat kaisar meninggal banyak sekali harta dan barang-barang antik dikubur bersamaan. Ada pakar sejarah memperkirakan bahwa makam raja Qin pernah dijarah oleh 项羽 Xiàngyǔ yang ingin merebut tahta Kaisar Qin, namun ini masih menjadi perdebatan diantara para arkeolog.

    防腐还是防盗?解密秦始皇陵地宫水银的真实作用_尸身

    (Pada gambar: Kompleks makam Kaisar Qin)

    防腐还是防盗?解密秦始皇陵地宫水银的真实作用_尸身

    (Pada Gambar: Replika perkiraan bagian dalam makam Kaisar Qin)

    Jika teman-teman lihat foto terracota, patung prajuritnya terlihat seperti bentuk manusia asli, dengan ukuran yang sama seperti badan manusia pada umumnya. Jumlah nya pun tidak tanggung-tanggung, hingga saat ini terdapat kurang lebih 8.000 pasukan berbentuk tokoh prajurit dan kuda dengan ukuran asli yang terletak di dekat makam dari Kaisar pertama dinasti Qin. Dan yang lebih unik, bentuk muka dari setiap prajurit tersebut berbeda-beda. Setidaknya patung terracota bisa dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu prajurit utama 军士俑 Jūnshì yǒng, prajurit berdiri sambil memanah 立射俑 Lìshè yǒng, prajurit berlutut sambil memanah 跪射俑 Guì shè yǒng, prajurit berkuda 骑兵俑 Qíbīng yǒng, kuda perang 馬俑 Mǎ yǒng, dan sebagainya. Sebagai info kalau teman-teman pergi kesana ada kebiasaan mencari bentuk muka prajurit yang mirip dengan muka teman-teman, dan konon pasti bisa menemukannya. Teman-teman boleh mencobanya ketika pergi kesana yah. Patung prajurit ini terletak di bagian terluar makam kaisar Qin Shi Huang, yang berfungsi untuk menjaga dan melindungi nya. Oh iyah, mungkin teman-teman bertanya-tanya, siapa sih Kaisar Qin, kok bisa membuat makam mewah seperti ini?

    兵马俑真的是“活人”烧制出来的吗?破碎的陶俑、陶马揭示答案!_颜色 中国最大的仿制兵马俑,曾被指出侵权,秦始皇:兵马俑到底是谁的

    (Pada Gambar: Patung kuda dan prajurit)

    JASA KAISAR QIN SHI HUANG

    Kaisar Qin Shi Huang membuat beberapa jasa pada perkembangan sejarah China. Yang pertama, Kaisar Qin merupakan kaisar pertama yang berhasil menyatukan China (统一国家 Tǒngyī guójiā), seperti yang kita ketahui pada jaman dahulu China terbagi menjadi sangat banyak wilayah dan negara-negara kecil yang tak bisa bersatu.

    秦始皇的五个统一:统一文字、货币、度量衡,还有两个统一是啥?_诸侯国

    (Pada Gambar: Jenis mata uang yang disatukan oleh kaisar)

    Yang kedua, setelah ia menyatukan negara, tentu ia menyatukan mata uang (统一货币 Tǒngyī huòbì) menjadi seragam agar transaksi antar kota semakin mudah. Yang ketiga, ia menyatukan satuan timbangan (统一度、量、衡 Tǒngyī dù, liàng, héng) yang pada jaman dahulu setiap daerah berbeda-beda, dan yang ia menyatukan jenis huruf (统一文字 Tǒngyī wénzì)menjadi huruf 小篆 Xiǎozhuàn agar semua dapat berkomunikasi dengan baik. Oh iya, kaisar Qin Shi Huang juga ada hubungannya dengan pembangunan tembok besar China atau yang kita sebut dengan 长城 Chángchéng. Setelah berhasil menyatukan negara, ia melanjutkan pembangunan tembok besar untuk melindungi kerjaannya dari serangan bangsa luar. Jadi beliau pun berperan penting dalam memulai pembanguan tembok besar China. Dari sinilah mulai ada sebutan 万里长城 Wànlǐ chángchéng. Ia merupakan seorang Kaisar yang hebat dan ambisius.

    秦始皇统一之前各国文字虽有差异但还能互相认出

    (Pada Gambar: Jenis huruf yang disatukan )

    PENUTUP

    Sebenarnya proses penggalian makam ini sudah dilakukan sebanyak 3 kali, terakhir pada tahun 2009. Hingga kini masih terus diadakan penelitian dan mungkin masih banyak fakta yang akan kita dapatkan kedepannya. Demikianlah mengenai pengenalan salah satu objek wisata yang sangat terkenal di China, semoga menambah pengetahuan teman-teman sekalian. Jika ada teman-teman yang pernah pergi kesana atau mengetahui cerita lainnya mengenai terracota ini bisa sharing juga di diskusi ini. 谢谢观看 Xièxiè guānkàn! 再见 Zàijiàn!