Komunitas Mandarin
(中文社区)

Temukan jawaban yang kamu cari, diskusi, dan perluas pertemananmu disini

Home Forum Travelling 旅游 Keindahan Sūzhōu dan Hángzhōu (苏杭之美) Reply To: Keindahan Sūzhōu dan Hángzhōu (苏杭之美)

  • Unknown Member

    Member
    Juli 23, 2020 pada 5:59 pm

    Halo teman-teman, sesuai dengan janji laoshi minggu lalu, kali ini kita akan membahas mengenai kota Hangzhou yang juga tak kalah seru nya dengan Suzhou. Nah sudah menjadi kebiasaan bahwa jika kita membicarakan Suzhou tak lengkap rasanya jika kita tidak membicarakan mengenai Hangzhou. Jika kita pergi wisata ke Suzhou biasanya juga sudah termasuk paket untuk jalan-jalan ke Hangzhou karena jarak dua kota ini yang tidak begitu jauh, kurang lebih sekitar 210 Km. Suzhou dan Hangzhou terletak di satu daerah di China yang dinamakan 江南 Jiāngnán, 江南 Jiāngnán sendiri meliputi lima provinsi dan satu kota yaitu 上海 Shànghǎi、江苏 Jiāngsū、浙江 Zhèjiāng、安徽 Ānhuī、江西 Jiāngxī、湖北 Húběi、dan 湖南 Húnán. Nah Suzhou berada di Provinsi Jiangsu dan Hangzhou merupakan ibu kota provinsi Zhejiang. Suzhou dan Hangzhou keduanya sangat terkenal dengan kota klasik yang ada di Jiangnan sehingga selalu dibicarakan bersamaan.

    Hangzhou sendiri termasuk ke dalam enam ibu kota kuno di China. Keindahan dari Hangzhou sudah terkenal selama ratusan tahun lamanya. Sehingga banyak sastrawan yang terinsiprasi dari keindahan kota Hangzhou. Nah kota ini menjadi semakin terkenal karena merupakan kampung halaman Jack Ma yang merupakan founder dari Alibaba. Tidak hanya itu, Kota Hangzhou juga akan menjadi tuan rumah Asian Games di China pada tahun 2022. Disamping itu meskipun Hangzhou telah banyak berubah, namun masih tetap mempertahankan warisan sejarah dan kebudayaannya. Berikut ini merupakan tempat-tempat indah yang wajib dikunjungi teman-teman saat pergi ke kota Hangzhou.

    杭州一日游_赠送西湖游船、花港观鱼、宋城、黄龙洞_启程国旅

    (Danau Xihu)

    Yang pertama adalah danau Xihu yang menjadi icon utama dari kota Hangzhou dan juga merupakan warisan budaya UNESCO. Danau Xihu merupakan danau buatan berumur 1000 tahun lebih dan memiliki luas 5,6 km2. Tidak hanya itu di Danau Xihu ini ada lebih dari seratus tempat yang bisa kita kunjungi untuk menikmati keindahan alamnya. Nah kita akan bahas beberapa diantaranya. Yang pertama adalah jembatan putus (断桥 Duàn qiáo) sering juga disebut dengan 断桥残雪 Duàn qiáo cánxuě. Di jembatan ini orang-orang datang untuk melihat keindahannya terutama pada saat musim salju. Disebut jembatan putus karena saat musim dingin, salju menutupi seluruh jembatan dan secara perlahan sinar matahari yang hangat menyinari bagian tengah-tengah jembatan yang kemudian akhirnya membuat salju di area tengah jembatan meleleh duluan dibandingkan kedua sisi lengkung jembatan, sehingga dari kejauhan terlihat seperti jembatan yang putus. Oh iya, tahukah teman-teman mengenai kisah cinta siluman ular putih dan Xuxian? Buat anak 90an pasti masih ingat dengan sinetron legendaris ini. Nah konon katanya mereka bertemu pertama kali di jembatan ini loh, karena itu dalam kisah percintaan Siluman Ular Putih, disebut dengan 断桥相会 Duàn qiáo xiāng huì yang artinya ‘Saling bertemu di jembatan putus’.

    西湖断桥风景图(第1页) - 要无忧健康图库

    (Jembatan putus)

    有情人断桥相会, 致敬许仙和白素贞相遇经典画面

    (Ilustrasi pertemuan Xuxian dengan siluman ular putih)

    Yang kedua adalah pagoda Leifeng atau mandarinnya adalah 雷峰塔 Léi fēng tǎ, pagoda ini menjadi icon yang menarik saat dikunjungi pada senja hari, karena kita bisa melihat matahari terbenam yang indah. Menyambung dengan cerita Siluman Ular Putih tadi, pagoda ini merupakan tempat dimana siluman ular putih dikurung.

    1924年雷锋塔倒的原因曝光,后发现惊世宝藏,震惊世界_手机网易网

    (Pagoda Leifeng)

    Yang ketiga adalah Jembatan Panjang atau 长桥 Chǎng qiáo, sama seperti jembatan putus, jembatan inipun dikenal dengan 情人桥 Qíngrén qiáo atau jembatan percintaan. Sebetulnya jembatan ini tidaklah panjang, namun mengapa bisa disebut jembatan panjang? Nah ini ada kaitannya dengan kisah romeo and Juliet versi China yaitu 梁山伯 Liángshān bó dan 祝英台 Zhù yīng tái, disebut jembatan panjang karena mereka berdua berpisah di jembatan ini, masing-masing saling tidak merelakan sehingga jembatan ini terasa sangat panjang, karena itu hingga kini disebut dengan jembatan panjang.

    长桥公园| YuHui Dong | Flickr

    (Jembatan panjang)

    Yang ketiga adalah Jembatan Panjang atau 长桥 Chǎng qiáo, sama seperti jembatan putus, jembatan inipun dikenal dengan 情人桥 Qíngrén qiáo atau jembatan percintaan. Sebetulnya jembatan ini tidaklah panjang, namun mengapa bisa disebut jembatan panjang? Nah ini ada kaitannya dengan kisah romeo and Juliet versi China yaitu 梁山伯 Liángshān bó dan 祝英台 Zhù yīng tái, disebut jembatan panjang karena mereka berdua berpisah di jembatan ini, masing-masing saling tidak merelakan sehingga jembatan ini terasa sangat panjang, karena itu hingga kini disebut dengan jembatan panjang.

    Selanjutnya tempat menarik untuk dikunjungi di Hangzhou adalah desa Meijiawu 梅家坞 Méi jiā wù. Desa ini merupakan pusat perkebunan daun teh 龙井 Lóngjǐng atau dalam Bahasa Mandarin disebut dengan 龙井茶 Lóngjǐng chá. Dan hal ini membuat Hangzhou menjadi pusat penghasil teh Longjing di China. Disini teman-teman bisa menikmati keindahan alam perkebunan teh, memetik daun teh sendiri, Dan bisa juga belajar seni membuat teh. Seru kan teman-teman?

    十里梅坞之称的世外桃源,梅家坞

    (Kebun teh Longjing)

    Yang terakhir teman-teman bisa mengunjungi jalan kuno di Hangzhou yaitu 清河坊 Qīnghé fāng. Disepanjang jalan ini teman-teman bisa menikmati bangunan kuno klasik dinasti Ming dan Qing. Dan di jalan ini juga banyak toko-toko kuno yang tak tergerus oleh jaman. Teman-teman bisa membeli makanan khas Hangzhou di sepanjang jalan ini loh. Jadi tempat ini wajib banget dikunjungi kalau kalian mau merasakan kuliner khas Hangzhou yah.清河坊历史文化特色街(国家4A级)_清河坊历史文化特色街(国家4A级)门票 ...

    (Jalan Kuno Qinghe fang)

    Oke teman-teman, sampai disini dulu pembahasan kita mengenai Suzhou dan Hangzhou, semoga dapat menambah pengetahuan teman-teman.

    Tidak kalah Suzhou, penyair jaman dahulu pun terpesona akan keindahan kota Hangzhou, berikut ini ada puisi karya Báijūyì pada dinasti Tang. Mari kita dengarkan puisinya.

    钱塘湖春行

    Qiántáng hú chūn xíng

    Danau Xihu Hangzhou

    《唐 。白居易》

    Táng. Báijūyì

    孤山寺北贾亭西,水面初平云脚低。

    Gū shānsì běi jiǎ tíng xī, shuǐmiàn chū píng yún jiǎo dī.

    Dari utara Kuil Gushan ke barat Jiating, mata air danau rata dengan tanggul, dan awan putih terkulai indah, membentuk sebuah pemandangan bersatu dengan danau.

    几处早莺争暖树,谁家新燕啄春泥。

    Jǐ chù zǎo yīng zhēng nuǎn shù, shéi jiā xīn yàn zhuó chūnní.

    Beberapa burung kepodang bergegas menuju ke pohon, dan burung walet yang baru tiba sibuk membangun sarang mereka.

    乱花渐欲迷人眼,浅草才能没马蹄。

    Luàn huā jiàn yù mírén yǎn, qiǎncǎo cáinéng mò mǎtí.

    Bunga-bunga musim semi yang berangsur-angsur mekar membuat orang terpana, dan rumput musim semi yang pendek tumbuh baru mencapai kuku kaki kuda.

    最爱湖东行不足,绿杨阴里白沙堤。

    Zuì ài hú dōng xíng bùzú, lǜ yáng yīn lǐ báishā dī.

    Saya paling menyukai sisi timur dari danau Xihu, terutama pasir putih di bawah naungan pohon dedalu yang hijau.

    Jika kamu tertarik untuk membaca atau mendengar topik seperti ini kamu bisa kunjungi forum komunitas Mandarin kami, untuk link nya ada di bio instagram Beijing Standard yah. 谢谢大家 Xièxie Dàjiā ! 再见 Zàijiàn!