Komunitas Mandarin
(中文社区)

Temukan jawaban yang kamu cari, diskusi, dan perluas pertemananmu disini

Home Forum Berita Seputar Mandarin dan China 新闻 Panas! AS ‘Gebuki’ China Lagi, 34 Entitas Di-blacklist

Menggunakan tag: , , ,

  • Panas! AS ‘Gebuki’ China Lagi, 34 Entitas Di-blacklist

    Posted by Beijing Standard on Desember 17, 2021 pada 1:50 pm

    China-Amerika-Flag

    Perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China kembali memasuki babak baru, Kamis (16/12/2021) waktu setempat. Pemerintah Presiden AS Joe Biden kini memberlakukan pembatasan perdagangan dan sanksi baru pada 34 entitas China.

    Dua hal menjadi alasan yakni pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dan dugaan pengembangan teknologi seperti senjata “pengontrol otak” serta ancaman ke keamanan AS. Mengutip CNBC International, ini dilakukan dua lembaga sekaligus dalam satu hari yakni Departemen Perdagangan dan Depatemen Keuangan AS.

    Data Departemen Perdagangan menyebut pembatasan perdagangan diberlakukan ke Akademi Ilmu Kedokteran Militer China dan 11 dari lembaga penelitiannya. Lembaga ini membuat senjata pengontrol otak meski tak dijelaskan lebih lanjut.

    “Pengejaran ilmiah bioteknologi dan inovasi medis dapat menyelamatkan nyawa. Sayangnya, China memilih untuk menggunakan teknologi ini untuk mengejar ‘kontrol atas rakyatnya’ dan penindasannya terhadap anggota kelompok etnis dan agama minoritas,” tulis Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo dalam sebuah pernyataan yang diyakini merujuk pada isu pelanggaran hak asası manusisa (HAM) di Xinjiang.

    Xinjiang sendiri saat ini menjadi salah satu sumber hotspot konflik AS-China. Di mana Departemen Luar Negeri AS menyebut, ada pelecehan terhadap warga minoritas muslim Uyghur dan lainnya, seperti kerja paksa dengan dukungan negara dan penahanan massal.

    Terdapat pula empat perusahaan China yang di-blacklist karena peran besarnya dalam moderenisasi militer Negeri Xi Jinping. Salah satunya pembuat drone DJI.

    Lalu ada lima perusahaan lain yang diduga mencoba mencuri teknologi AS untuk meningkatkan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China. Hal itu diyakini merugikan ekonomi AS miliaran dolar dan ribuan pekerja.

    Di hari yang sama, Departemen Keuangan AS juga mengumumkan sanksi ke entitas teknologi China. Yakni Cloudwalk Technology, Dawning Information Industry, Leon Technology Company, Megvii Technology, Netposa Technologies, SZ DJI Technology, Xiamen Meiya Pico Information, dan Yitu.

    Departemen Perdagangan juga mengambil tindakan terhadap entitas China yang berlokasi di Georgia, Malaysia, dan Turki. Mereka diduga mencoba atau telah mengalihkan barang-barang AS ke program militer Iran.

    China sendiri belum memberi komentar soal ini. Kedutaan Besar China menurut sejumlah media asing, belum berkomentar.

    Beijing Standard telah membalas pada 2 tahun, 7 bulan yang lalu 1 Member · 0 Balasan
  • 0 Balasan

Sorry, there were no replies found.

Silakan login untuk menulis komentar.